Minggu, 25 Maret 2012

Memperpanjang Umur Battery

Taukah kamu bahwa battery handphone rata-rata berumur 400 kali dicharge dan discharge. Pendek sekali bukan umurnya?

Kalau dicharge pada sehari-semalam, wih... bisa-bisa kena virus tomcat lagi yang lagi mewabah saat ini.... dan paling-paling bertahan antara 12 sampai 15 bulan saja. 

Hayo sapa yang ngecharge nya malem-malem? Itung-itung ga ada aktifitas, isi battrey dulu ah... Bisa BAHAYA sob...!!!

Ada cara-cara yang sederhana untuk memperpanjang umur battery, simak ya...!

  1. Persingkat Waktu Charge
    Saat mencharge pastikan ponsel dalam kondisi mati. Tapi ingat pada waktu setelah beraktifitas. Misalnya ngerjakan tugas, kan bisa konsen tuh... (^o^)

  2. Stop...!! Gonta-Ganti SIM
    Setiap kali di ganti SIM Cardnya ponsel kita mencari sistem jaringan sinyal operator. Nah pada situasi ini ponsel membutuhkan daya yang cukup besar.

  3. Matikan Vibrator (mode getar) dan Lampu Latar
    Jika anda di dalam ruangan yang cukup (misalnya kamar) itu matikan aja efek vibrator-nya dan lampu latar dengan begini lebih friendly

  4. Buang Fitur yang Tidak Perlu 
    Khusus smartphone (Android, BlackBerry, Symbian & Windows Mobile) jika ada aplikasi yang tidak penting buang aja... selain hemat battery, hemat memory juga kan??

  5. Hindari Benturan & Percikan Air
    Jika anda sayang nih, beli'in pelindung baik anti gores atau syilicon untuk menghndari benturan dan percikan air. Soalnya jika terbentur dapat merusak operasi ponsel dan battery begitu pula jika kena perickan air, dapat berakibat hubungan korsleting.

  6. Pastikan 3G atau Jaringan Internet lainnya MODE OFF
    Pada jaringan 3G lebih banyak menyerap energy batter, jadi matikan jika tidak digunakan.

  7. Jangan Sampai Keluar Pop Up "Battery Lemah"
    Untuk battery yang memiliki type Lithium Ion dan Polymer jangan menunggu sampai keluar pop upnya. Kalau bisa jika sudah nipis gambar battery yang tersedia segera di charge...!!
     
Cara-Cara diatas mungkin dapat memperpanjang umur battery paling tidak 2 sampai 3 tahun. Dan 1 Lagi nih, jika beli battery, jangan yang murah meriah... bahaya tuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar